ARUM EFFENDI

Seorang lulusan Sastra Inggris Universitas Brawijaya. Ia masih sangat menyukai Bahasa Inggris, astronomi, dan juga kereta api. Baginya, kendaraan naga berbaju besi itu sangat unik dan romantik. Karena itu ia suka bepergian naik kereta api. Sedangkan astronomi adalah ilmu yang menjembatani misteri alam dan keingintahuannya yang tak ada habis. Jalinan tata surya dan galaksi-galaksi adalah karya Tuhan yang sangat hebat, melebihi imajinasi pemikiran manusia. Yang paling disukainya adalah melihat rasi Orion bersinar terang di bulan Januari. Ia kurang suka pada hujan. Lebih suka sinar cerah, matahari. Bunga matahari dan calla adalah favoritnya.

Dalam hal sastra, kegemarannya adalah membuat tokoh wanita yang kuat: independen dan optimis. Ia pun kadang menyukai karakter antagonis dalam naskah fiksi. Sebab tokoh–tokoh antagonis sering memiliki keistimewaan dalam hal karakter.

Ia bersuka cita karena terlahir kembar monozigotik. Ia mempunyai seorang sahabat sejak masih di dalam uterus ibunda. Keduanya berbagi rahim dan plasenta yang sama. Keduanya mejadi kembar identik, namun memiliki tanggal kelahiran yang berbeda.

Dengan pseudonim Arum Effendi, ia sudah mempublikasi cerpen dan novelet di Majalah kawanku, Majalah Femina, Koran Pendidikan dan Harian Online Kabar Indonesia. Pernah menjadi runner up dalam Lomba Menulis Novel Islami tingkat nasional yang diadakan Departemen Agama RI pada Agustus 2008. Salah satu naskah cerita pendeknya menjadi Karya Favorit dalam LMCR 2008 tingkat nasional. Dan cerita bersambungnya menjadi Pemenang Penghargaan Tingkat Nasional dalam Sayembara Menulis Cerita Bersambung yang diadakan Majalah Femina. Pada tahun 2011, menerbitkan Buku Antologi Cerpen dan Puisi Mata Pena FIB. Naskah novelnya yang berjudul Romansa Istanbul, menjadi finalis dalam Sayembara Novel Republika. Karya terbarunya, novel Kisah Langit, menjadi pemenang unggulan dalam lomba yang diadakan penerbit Qanita. Novel Kisah Langit diterbitkan Penerbit Qanita Mizan (2010). Antologi cerpen “Untuk Apa Kau Menandai Waktu?” ditebitkan Penerbit UB Press (2015).

Arum bisa dihubungi lewat blog ini, emailnya (arum.effendi@gmail.com), atau akun twitter @arum_effendi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s