Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Ini daftar mata kuliah Jurusan Sastra Inggris dari semester 1-8. Banyak ya? :) Tapi, nggak semua matkul harus diambil. ada mata kuliah yang wajib dan ada matkul pilihan. Untuk Matkul pilihan, pilih yang menurut kamu penting dan kamu perlukan saja.

Kalau diamati, matkulnya memang sangat detail. Misalnya untuk aspek Speaking, ada Basic Oral and Auditory Skills (yaitu matkul speaking yang sangat dasar), lanjut dengan Academic Speaking (dimana mahasiswa belajar berbicara lebih fasih), lanjut dengan Public Speaking (yaitu berbicara di depan publik). Nah, jadi tiap aspek akan dipelajari dengan sangat detail supaya mahasiswa dapat menguasai bahasa Inggris secara mendalam.

So, silakan dicek. Boleh tanya-tanya juga soal deskripsi matkul itu lewat comment box  :)

MATA KULIAH WAJIB

  1. Sentence Structure
  2. Basic Oral and Auditory Skills
  3. Basic Reading Skills
  4. Introduction to English Culture
  5. Structure Analysis
  6. Academic Speaking
  7. Understanding Longer Talks
  8. Critical Reading
  9. Paragraph Writing
  10. HELL (History of English Language & Literature)
  11. Cross Cultural Understanding
  12. Public Speaking
  13. Comprehending Lectures
  14. Extensive Reading
  15. Expository Essay
  16. Introduction to Literature
  17. Introduction to Linguistics
  18. Argumentative Essay
  19. Prose I dan II
  20. Poetry I dan II
  21. Drama I dan II
  22. Phonology dan Morphology
  23. Syntax I dan II
  24. Semantics
  25. Research Proposal Writing
  26. Introduction to Translation

MATA KULIAH PILIHAN

  1. American Studies
  2. Australian Studies
  3. British Studies
  4. Pragmatics
  5. Sociolinguistics
  6. Second Language Acquisition
  7. Creative Writing
  8. English for Young Learner
  9. Discourse Analysis
  10. Literary and Oral Tradition
  11. Applied Literary Criticism
  12. Issues on Linguistics
  13. Translation and Interpretations
  14. Semiotics
  15. Computer-Assisted Language Learning
  16. Contemporary Cultural Issues
  17. Teaching English as Foreign Language
  18. Business English
199 thoughts on “Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

  1. Pingback: All About “Jurusan Sastra Inggris” | Bittersweet Carousel

  2. Pingback: Peluang Kerja Jurusan Sastra Inggris | Bittersweet Carousel

    • Tiap semester nanti ada list matkul pilihan apa saja yang bisa diambil. Tiap semester ada ketentuan sendiri, berapa matkul yang bisa diambil. Sekitar 2-4. Nanti kalau sudah jadi mahasiswa ada buku panduannya tentang matkul kok :)

  3. Bentar lagi saya mau kuliah ni..
    Saya ingin ngambil jurusan sastra inggris tapi masalahnya saya belum fasih bahasa inggris..
    Solusinya ap ya ???

    • akademi bahasa asing? maksudnya kursus? Banyak bedanya. Kalau kursus mungkin lebih padat ilmunya, dipelajari yang major ajah. Kalau kuliah, banyak banget yang dipelajari n lebih detail.

  4. thankyou ya buat infonya!
    Btw sy mau ambil sastra inggris binus, tapi saya masih bingung karna inggris sy masih intermediate. Kira2 tetep bisa kan ya?

  5. iya bisa dong. Justru di sasing kan belajarnya… nanti biar bahasa Inggris kita makin mulus. Good luck then..

  6. Huwaa itu matkulnya keren2! Tahun ini aku juga mau masuk sasing tapi di univ yg aku pilih kok kompetensi intinya cuma english for business sama kayak ngajar2 gtu doang yah? Pdhl kn aku pengennya yang “sastra”. Apa tiap univ matkulnya beda2?

    • Daftar mata kuliah yang km lihat itu apa udah lengkap? Mungkin itu cuma yang major ajah. Tapi, tiap universitas hampir sama kok inti yang dipelajari. Tenang ajah, pasti ntar ketemu yang “sastra” banget. Mendingan kalau pas penjurusan nanti pilih yang literature ajah, bukan linguistics. Jadi lebih fokus ke sastranya.

      • Blom tw daftar lengkap matkulnya jg sih. Iya, dikampusku untuk bahasa cuma ada jurusan literature. Ok makasih uda rada legaan skrg :)

  7. mbak aku ini masih kelas 2 SMA. saya minta sekali ngambil sastra inggris. kira kira kerjaannya menjajikan gak mbak? atau mungkin ada pertukaran pelajar gak dengan mahasiswa lain kalo ikut fakultas ini?

  8. kak, kalo misalnya kesulitan di grammar ngaruh ga kak?
    soalnya aku lola banget di grammar, takutnya di sasing dominan nya ke grammar :(
    trus ada tips or trik ga kak supaya mudah ng’hafalin tenses ..

    • Semua anak yg masuk sasing mayoritas masih ga bisa grammar. Tapi, di tingkat universitas ini, kita digembleng bgt biar pinter grammar. dan semester empat ini, semua udah pada bagus grammarnya. jadi, tenang ajah kalo pas awal-awal semuanya memang masih sama-sama ga bisa kok.

  9. di jurusanku (PTN Depok), mata kuliahnya macem2, sama kaya mbak Arum, tapi ga se comprehensive itu di bagian Linguistics. kalo di UI, mata kuliahnya kebaginya cukup rata. wajib jurusan aja ya yg kukasih tau, kalo wajib fakultas/univ mah banyak di tiap semester :p
    Di UI sih bahasa Inggris jadi media, semua hal yg memakai bahasa Inggris dikaji :D
    Mata kuliah English I-VI itu bersyarat, kalo ga lulus ya ga bisa ngambil yg berikutnya.
    ini wajib diambil tiap semester tapi bisa nyodok atau nunda :D

    Smt 1 :
    English I (Grammar, Writing, Reading, Listening&Speaking)
    Phonetics & Phonology
    Intro to Literature

    Smt 2 :
    English II
    Morphology & Syntax
    Literary Analysis Text (Pengkajian Teks Sastra)

    Smt 3:
    English III
    American Cultural & Literary Development (Belajar sejarah, kultur, pemerintahan melalui teks sastra :D seru abesh)
    British Cultural & Literary Development
    Semantics & Pragmatics

    Smt 4:
    English IV
    Discourse Analysis
    English Literary Criticism and Culture (Kritik Sastra & Budaya Inggris)
    Sociolinguistics

    Smt 5:
    English V
    Thematic Literature and Culture (Kajian Sastra & Budaya Inggris Tematis)
    Intro to English Teaching Theory
    Critical Introduction to Popular Culture (Kajian Kritis Budaya Populer)
    Intro to Cultural Research Methodology (Metodologi Penelitian)
    Public Speaking

    Smt 6:
    English VI
    Creative Writing (choosing between Prose, Poetry, Scenario, Journalistic)
    Study of English Show and Theater Culture (Kajian Drama dan Teater)
    Race, Gender and Social Relations
    English in Global Context

    Smt 7:
    Nations and Nationality
    Intro to General Translations
    Critical Reading and Review Writing
    Scientific Paper Writing (Penulisan Ilmiah)
    English Film and Media Studies

    Hope it helps ya, dimanapun kalian belajar sastra Inggris, keep on reading!!
    (Sarah)

  10. saya berminat masuk sastra inggris tetapi masuknya di universitas terbuka…kira kira menurut kakak bagaimana prosoek kedepannnya…thanks before

    • Rasanya seneng banget karena bisa mengeksplor kemampuan speaking di teman-teman dan dosen yang sama-sama interested ke bahasa Inggris. Walaupun belepotan, kalo dipraktekkan terus, lama-lama lumayan juga :)

  11. kak Arum , saya calom mahasiswa sastra inggris universitas negeri medan. kak masih bener-bener gak bisa bahasa inggris….. kasih tips nya dong kak… terus kalau sastra inggris ada gak besis keluar negerinya???

    • Tips-tips biar pede dengan kemampuan bahasa Inggris kita sih gampang.
      Rajin dengerin musik mancanegara n nonton film luar dengan subtitle bahasa inggris.
      Kalau mau yang lebih ‘berat’.. bisa baca novel-novel tipis berbahasa Inggris.
      Good luck then!

  12. siang kak . mau tanya tentang matkul Literature kita kan belajar novel , film , puisi . apakah itu mewajibkan mahasiswi nya pandai membuat puisi , atau ada praktek membuat drama dll . itu kan ada unsur seni’nya juga .. soalnya saya agak minder sm matkul Literature’nya , saya agak kurang bisa berseni . tapi saya sangat tertarik dengan matkul Linguitics’nya . saya harus bagaimana jika saya mengambil sastra inggris ?

    • So, take the linguistics!
      Kalau memang lebih minat ke Linguistics, saat penjurusan ambil Linguistics saja, jangan literature.
      Kalau di literature memang detail dlm mempelajari seni n sastranya

  13. Malam ka, mau tanya nih.. Kuliah di sasing itu cuma 8 semester aja kah? Berarti 4 thun udah lulus? Atau disetiap univ beda2 lama belajarnya? N kalau penjurusan itu ada disemester berapa? Dan menurut kaka lebih bagus ambil yg linguistic atau literatur? Dan prospek ke dunia kerja antara yg ambil linguistik sama literatur itu berbeda kah? Mohon jawabannya, makasih :)

    • Banyak banget pertanyaannya :D

      Kalau jumlah semester, minimal 7 sem dan maksimal 14 sem. Itu berlaku untuk semua jurusan juga. tergantung mahasiswanya, mau ngebut lulus atau mau nyantai.
      Penjurusan di sem 5.
      Dua-duanya sama-sama bagus dan peluang kerjanya sama aja sih. Masing-masing ada bidangnya sendiri-sendiri..

  14. kaaaaaa aku pengen bgt ambil sastra inggris, tapi kok jadi ragu yah secara grammar aku terbatas dan masih berantakan.. aku jadi takut ga bisa ngikutn.matkul dan hasilnya jelek bgt ntar… saran yah ka:)

  15. Kak..Bisa dijelasin satu2 tentang mata kuliah pilihan?Dan apakah mata kuliah pilihan ini sama semua di semua Univ. seIndonesia,atau cuma di Univ. kk aj?Mhon bantuan,sy baru kelas 3 sma,nanti kuliah mau ambl jurusan ini.Thanks

    • Mata kuliahnya mirip-mirip antara univ yg satu dan yg lain. Kadang nama matkulnya agak beda, tp yg dipelajari sama kok. Untuk detailnya googling ajah ya, bakal panjang kalo saya jelasin satu-satu.

  16. mba mau tanya kalo british studies itu yang dipelajari apa? apakah kita kita akan belajar with english british accent?

  17. siap kak. Terus kalo mau msk di sastra inggris yg lewat snmptn itu kriteria yg bisa menyatakan diterima apa aja ya kak kira2?

  18. Ka, aku mau curhat sekaligus tanya,
    sebenernya aku ada keinginan masuk jurusan sastra inggris. Tapi aku rada takut, soalnya aku belum bisa bahasa inggris, ngomong pake bahasa inggris aja belum berani. Terus juga katanya di sasing banyak mengarang. Tapi aku ngga jago ngarang ka.
    Kira kira bisa ngga ya, masuk sasing cuma modal keinginan?

  19. assslm…
    saya ngambil jurusan sastra inggris dan alhamdulillah saya di terima di unhas lwat SNMPTN,, saya maw nanya ka’ ,,, kan saya belum banyak taw tentang bahasa inggris, saya baru memulai dari nol,, nah saya kan daftar bidik misi dan IPK harus min 2,75 ,,, apakah saya bisa mendapat ipk yg bagus nanti sdangkan saya bru mulai dari noll…. tolong dijelaskan ea ka”
    pleace…..

    dan apakah menurut kaka’ untuk mendapatkan IPK 3 pda saat baru semester 1 muda atau susah……///////////////////////????????????????????????? tolong dijawabb,,!!!!!!!!!!!!!11

  20. kak saya maba sasing di PTS,.apakah kuliahnya sama dengan yg di PTN?,. trus kalo saya pengen jadi translator buku, tapi saya juga pengen mempelajari literature,.bagusnya ambil yg apa ya kak? mohon sarannya,..

  21. Maaf kak boleh nanya,saya sekarang sudah kelas 3 dan tahun depan saya akan coba masuk ke sastra inggris UNIMED. dan saya kurang dalam hal vocabulary mohon saran nya agar saya bisa increase vocabularynya

  22. kaka… kalau misalnya setelah lulus sasing dan dapet s1 boleh tidak ngambil s2 nya fakultas komputer? ya… kalau tuhan menghendaki sih aku pengen nyari kerja di perusahaan asing makanya mau fokus yang dua ini…kalau gk bisa juga gpp nanti khursus komputer aja hehehe :D

  23. kaka kalau sasing di univ yang lokasinya di daerah apa materi pelajarannya sama dengan univ yang ada di kota-kota besar?

  24. ka…boleh minta nama akun fb??kali2 aja aku butuh konsultasi…kebetulan aku baru masuk kuliah dan aku ambil sasing soalx intersting about english language sih….

  25. Assalammualaikum,
    ka, kalo mau jadi tour guide ambil matkul linguistik atau literatur? dan ada kmungkinan gx study tour kluar negeri? oh iy ka confirm ya ka request prtmanan ana di fb :) please reply kaka ^o^

  26. Halo! salam kenal kaka! :)
    btw, kaka jg mahasiswi dr Univ. Brawijaya Malang ambil fakultas ilmu sastra inggris ya??
    wah, sepertinya sangat menarik nih setelah dpt info yg aku baca dr detail mata kuliah yg kaka pelajari selama ini…

    kak, aku boleh minta saran ga??
    aku sangat berminat bgt pengen ngelanjutin kuliah di ilmu sastra khususnya bahasa inggris. aku mulai seneng bhs inggris dr SD sampe skrg. namun masalahnya, saat ini ak skolah di SMK kls XII jurusan teknik. stlh lulus rencananya pengen bgt nekad ngelanjutin kuliah di bidang sastra yg beda jauh dg apa yg aku dpt slm belajar di smk ini. kira2, bs ga ya? aku bener2 pengen serius mendalami bhs inggris ini.. gmn saran kaka? trus apakah kuliah di UB utk kualitas pendidikan khususnya di ilmu sastra inggris ini cukup baik, kak??

    terima kasih sblumnya :) really nice to meet you here!

    • Teknik ke Sasing?
      Sama sekali nggak masalah, asal minat kamu memang ke sastra.

      Sarannya rajin aja belajarnya supaya bisa diterima di universitas yang kamu inginkan. Kalau sudah berhasil masuk, tinggal menikmati dan rajin belajar saja.
      Untuk sistem pendidikan di UB, sudah baik ya saya rasa. Thanks for visiting :)

  27. ka, maksudnya mata kuliah pilihan ada American Studies, dan lain-lain itu apa kita belajar juga bahasa2 itu? dan kalo ‘misalkan’ saya ambil semua matkul pilihan gimana ka? oya ka universitas apa yg ada sasing inggris selengkap itu ? mohon dijawab ya ka

    • Di semua universitas, mata kuliahnya mirip-mirip semacam itu.
      matkul pilihan boleh diambil, boleh tidak, hanya untuk memenuhi SKS. Boleh kalo ambil semua matkul pilihan, tapi kamu kapan lulusnya? Bisa lima tahun dong kuliahnya :D

    • Yah kamu polos banget :) Kalau semua matkul pilihan diambil kan berarti butuh waktu lama juga. Jadi, yang lain udah pada lulus, yang ini masih ambil mata kuliah pilihan mulu. Bisa gak lulus-lulus kan. (semoga kamu paham ya :D)

  28. Kak.aq msih klas XII .
    .
    Dari kesluruhan mta kuliah diatas koq aq ndak ada yg faham apa maksud dan yg akan dibahas ya :D
    pdahal aq kpengen bgt msuk sasing..

  29. Kakak, saya saleh, saya dari batam, kepulauan riau, saya mau tanya, saya bahasa inggris memang insyallah bisa, tapi kurang di vocab, apa saran kakak biar saya bisa lancar vocab
    Terus, hehe mau tanya lagi, yg mata kuliah wajib sebanyak 26 butir itu harus di pelajari????

    • Iya dong, kan wajib :D Tapi, nggak diambil 26 langsung dalam 1 semester kok. Itu total untuk 28 semester.
      rajin2 dengerin musik western dan nonton film pakai subtitle bhs Inggris ajah.

  30. kak, aku kelas XII kompetensi keahliannya Multimedia (teknik). aku punya keinginan setelah lulus nanti mau melanjutkan jurusan Sastra Inggris di UB. kira-kira bisa nggak kak soalnya aku dari teknik? terus tes masuknya biasanya berupa tes apa aja kak? terimakasih kak. nice to meet u here :)

  31. ka kalo di sasing bener-bener semua bahsa inggris ka? maksudnya dosen nya ngejelasin pake bahasa inggris? no language indonesian gitu? aku gapinter di grammar .. tenses apalagi .. tapi minat banget disasing.gimana dong? respond me please

  32. Sekarang aku nempuh pndidikan diploma di salah satu bidang kesehatan dan tahun depan uda selesai, tp selanjutnya aku pengen ambil S1 sastra inggris, gak searah sih ya :D
    Kira” ada gak ya Scholarship di Unibraw buat nempuh pendidikan S1 sastra inggris ?
    Trus di Unibraw ada PMB scra online gak ya ? Lnjut ada syarat” tertentu buat masuk S1 sastra inggris ?
    Thanks :)

  33. kak, saya anak XI IPA nih, kebetulan pingin masuk jurusan sasing – penasaran doang, kalau mau masuk jurusan sasing, apa nilai IPA (Biologi, Fisika, Kimia) sma MTK nya jga bakalan dilirik? Soalny, nilainy rada pas-pasan tuh. lol.

  34. Kak aku sinta, udah kelas XII ni, niatnya pengen ambil jurusan sasing tapi di daerah ku gak ada jurusan sasing (Lampung), kira2 di univ mana ya kak yang peluang masuknya mudah.. pengen bner masuk jurusan itu..

    oya kak katanya di jurusan itu ribet ya, banyak bahas novel gtu.. itu kak yg buat saya agak takut.. kyanya susah aja bahas2 novel bhs inggris.. b.indo aja aku ribett.. sarannya dong kk :)

  35. ka, aku dewi kelas XII mau tanya. sastra inggris sama bahasa inggris itu beda ya? katanya kalo sastra inggris lebih banyak peluang kerjanya daripada yg bahasa inggris. itu bener ngga?
    kalo misalkan bener, aku pengen ngambil yg sastra inggris. tp kyaknya universitas yg aku pilih, Universitas Wiralodra Indramayu cuma ada bahasa inggris :/

    • Bahasa Inggris? Setahu saya malah nggak ada. Adanya Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Dua-duanya punya peluang kerja yang sama kok. Mungkin di tempat kamu, Sastra Inggris itu disebut Jurusan Bahasa Inggris :)

      • Kak, mau nanya nih. Sy kn mahasiswa UNIPA (Universitas Negeri Papua) jurusan sasing. Sy bingung kak kalo nanti kerja di perbankan baiknya ambil linguistic or literature yh kak? Mohon sarannya kak.. Makasih :)

      • Ambil linguistic atau literature nggak pengaruh kok. Perusahaan nggak akan tanya, km dulunya jurusan apa. Jurusan cuma buat memantapkan lagi ke minat kita aja.

  36. Kak aku minat banget masuk jurusan sastra inggris, tp org2 di sekitar aku agak kurang mendukung krn katanya “siapa sih skrg yg ga bs bhs inggris, les aja bisa”
    Aku kan jg jd ciut, menurut kakak gmn? Ak jg takut prospek krjanya kurang luas
    Makasih kak :)

    • Kalau menurutq, nggak perlu ragu. Nggak semua orang yg bisa bahasa Inggris mempelajari apa yg dipelajari mahasiswa Sasing di bangku kuliah. Dan nggak semua yg bisa bahasa Inggris bisa masuk ke dunia kerjanya anak Sasing :’)

  37. Hi kak, aku tertarik banget sama sasing ini. Tahun ini aku lulus SMK, kalau soal mata kuliah pilihan ada saran nggak kak lebih baik ambil yang mana? Terus jadi sarjana sasing bisa nggak jadi seorang sekretaris? Hehe makasih. Mohon jawabanny kak:)

  38. salam kenal semuanya,nama saya Aliefio Andrean…saya mahasiswa jurusan sastra inggris univ negeri surabaya(unesa) semester 6…dan bener bgt yg dibilang mbak arum..ini jurusan keren bgt..culturenya..bahasanya..cara fikirnya
    ..luar biasa..soal prospek kerja?ini jurusan luas bgt men jd gausah kuatir…semuanya tergantung kita jg harus mau usaha keras..so..goodluck!

    kalo mau nanya” atau sharing soal sasing,lewat fb saya saja…cari dengan nama lengkap saya,thanks

  39. Halo Mba Arum. Aku mau nanya apa kalau kita ngambil jurusan linguistics kita masih belajar ngarang puisi atau cerita dll. Masalahnya aku kurang pinter ngarang gitu..
    Tolong dijawab ya :)

  40. Kak makasih banget ya infonya. Gara gara baca artikel ini aku jadi makin semangat kuliah di sasing. Ya walaupun aku tau bahasa inggris aku lemah.

  41. kaka, aku minat banget nih masuk Sasing Universitas Brawijaya, setelah baca postingan kaka, tambah minat nih akunya !!!!
    jadi aku mau tanya, biaya kuliahnya dan biaya hidup di sana mahal gak ka ?? aku dari pekanbaru soalnya

  42. Kak arum jurusan sasing di UB ya? Aahhh lg galau nih kak, pengen ambil sasing UM tp saingan banyak, kalo di UB denger2 kampusnya di kediri bener nggk sih kak?

  43. aku lagi studying highschool di melbourne sekarang tapi tahun depan udah lulus, masalahnya aku bingung gimana cara masuk ke universities di indo tanpa mempunyai nilai unas. apakah ada jalan lain? thanks

  44. Ka aku anak sma jurusan ipa tapi pgn ngambil sastra inggris lewat jalur undangan (snmptn). Kira kira kemungkinan masuknya besar ga?

  45. Pingback: Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris | rinawidyastuti22

  46. Wah thx bgd ya ka udah atas infonya . Aku baru aja diterima jd anak sasing . Tp tolong lebih detail lg ka ttg matkul yg udh kk tulis soalnya aku belum ngerti. Maklumin ya ka. Tq :)

  47. halo kak, saya masih bingung nih antara ngambil jurusan sasing atau pariwisata, disamping sy juga sering nulis lagu dan tertarik buat nulis2 cerita gitu, tapi saya juga bingung apakah masa depan lulusan sasing itu terjamin? rencananya saya pengen ngelanjutin di unud melalui jalur snmptn.

      • ka aku mau tanya nih . aku lulus SMA tahun lalu . skrg baru mau ambil sastra inggris . cuman krn gamau ikut snmptn aku mau swasta aja . yg bagus dmn ya kalau dijakarta sastra inggris nya ? trus yg mat.kul wajib yg kk tulis diatas itu ada ga di stba gtu ? soalnya orangtua aku bilang masuk stba lia aja katanya bagus . sama aja ga antara sekolah tinggi bahasa asing sama yg di universitas negri swasta gtu ? dr lulusannya jg lebih di trima yg mana ? ditunggu jawabannya hihi

  48. kakak… i hope your reply, ^_^
    dari keccil aku uda suka sama bahasa inggris, suka speaking d ll.
    aku juga merasa, bakatku lebih condong ke bahasa inggris… sswt yg paling aku bisa.
    tapi kenapa ya masih banyak orng yang bilang kalo prospek kerja sastra inggris itu susah, mending ambil pendidikan aja.. tapi aku gak tertarik kak sama pendidikan.. sebenere sih mau2 aja daftar, tapi kalo pendidikan cakupan ilmunya kurang.. so what do you think?

    oh ya kak.. minta tlong juga dikasih saran buat prospek kerja sastra inggris, aku suka sastra .. n dunia tulis menulis. pekerjaan apa yg paling pas buat bakatku?

  49. kak aku mau tau tanya, maaf klo rada konyol hehe tapii aku penasaran. kita klo lg pembelajaran pasti bnyknya pake bahasa inggris, dan klo kita lagi presentasi trs kita kekurangan vocab-nya apa boleh di-mix dg bahasa indonesia?thank you, i hope you reply my question:)

    • Bisa. Karena masih dalam konteks belajar, dan semua mahasiswa sedang belajar, di awal-awal semester masih bisa mix English – Indonesian. Tapi kalau sudah semester akhir, presentasi tentunya pakai Bahasa Inggris :)

  50. Kak aruumm mau tanya dong kak, kalo di UB setelah lulus sasing bisa kerja jd guru nggk kak? Atau harus nambah pendidikan buat dapetin sertifikat mengajar?

      • niat awal sebenernya nggk pengen kesitu kak, tapi orangtua pengennya aku jd guru, tp kalo ambil pendidikan kurang luas, jd aku ambil sasing, nah buat jaga2 kalo nggk ada pekerjaan sama orangtua ttp suruh jd guru, begitulah kak permasalahanku kak -_-” :D jd gmn tuh kak? habis sasing jd guru bisa aja kan kak? soalnya ada yg bilang nggak bisa karena nggk ada sertifikat mengajar nya gt kak?

  51. kak,boleh ceritain sedikit gak kira-kira persentase kemampuan b.ing kkak pas tamat SMA atau awal jd mahasiswa mnurut kkak sendiri berapa? aku pengen mengasah b.ing ku lagi yg skrg udah mulai lupa. Arigatou gozai mazu .. :)

  52. Maaf mbak saya mau nanya. Sekarang saya sedang kuliah S1 di Jurusan Musik. Saya berencana ngambil S2 di Jurusan English Literature atau Music Psychology. Apakah saya harus belajar ulang dr 0 (Grammar,dll) jika saya ingin mengambil English Literature? Sebelumnya saya sudah biasa ngomong sama bule (tapi kebanyakan menggunakan slang (british)) dan juga pernah menjadi guide dan sebagian keluarga besar saya adalah orang asing.
    Terima kasih mbak.

  53. Siang mbak saya mau nanya. Sekarang saya sedang kuliah S1 di Jurusan Musik. Saya berencana ngambil S2 di Jurusan English Literature atau Music Psychology. Apakah saya harus belajar ulang dr 0 (Grammar,dll) jika saya ingin mengambil English Literature? Sebelumnya saya sudah biasa ngomong sama bule (tapi kebanyakan menggunakan slang (british)) dan juga pernah menjadi guide dan sebagian keluarga besar saya adalah orang asing.
    Terima kasih mbak.

  54. Selamat siang mbak saya mau nanya. Sekarang saya sedang kuliah S1 di Jurusan Musik. Saya berencana ngambil S2 di Jurusan English Literature atau Music Psychology. Apakah saya harus belajar ulang dr 0 (Grammar,dll) jika saya ingin mengambil English Literature? Sebelumnya saya sudah biasa ngomong sama bule (tapi kebanyakan menggunakan slang (british)) dan juga pernah menjadi guide dan sebagian keluarga besar saya adalah orang asing.
    Terima kasih mbak.

Leave a Reply

